Global Variables

Wednesday, September 26, 2012

Membuat akun Blogspot

·
  1. Syarat pertama yang harus anda lakukan untuk membuat blog di blogger.com adalah mempunyai akun email di gmail.com. Dengan mempunyai email di gmail.com bukan blogger.com saja yang bisa diakses tapi semua fasilitas dari google bisa di pakai. untuk membuat akun email gmail silahkan ketikkan gmail.com dibrowser anda, atau klik disiniLalu klik buat akun.
  2. Setelah anda klik akan muncul formulir untuk diisi dengan data-data anda termasuk no handphone anda. Setelah semua data di isi klik langkah selanjutnya.
  3. Setelah itu pilih pesan teks, negara indonesia, dan klik kirim kode verifikasi. Selanjutnya anda akan menerima sms kode verifikasi dari google untuk di isi. Setelah dimakukka kodenya klik verifikasi.
  4. Selanjutnya memasukkan foto profil anda, tapi dalam tahap ini optional. anda bisa langsung memasukan foto profil atau tidak.
  5. Pada langkah selanjutnya langsung saja klik Lanjutkan ke Gmail.
  6. Maka akan langsung muncul tampilan depan akun gmail anda seperti ini.
  7. Sampai tahap ini akun gmail anda telah selesai dibuat. kini saatnya untuk membuat blog pribadi pertama anda. sudah siap ? silahkan Klik Blogger.com untuk memulai membuat blog.
  8. Anda akan diminta kembali password yang masukkan di gmail tadi. Lalu klik Masuk.
  9. Selanjutnya anda akan diminta mengisi data untuk profil blog anda. Disini ada dua pilihan, pilihan 1 jika anda ingin membuat profil blog dari profil google +. pilihan 2 jika anda hanya ingin membuat profil untuk blog saja tanpa dihubungkan dengan akun google +. Google + adalah layanan google yang lumayan baru, akun ini seperti halnya facebook. Saya sarankan pilihan 1 saja. 
  10. Pada langkah berikutnya langsung saja klik tingkatkan untuk melanjutkan.
  11. Klik tombol Ikuti jika anda ingin bergabung dengan laman tersebut. Setelah itu klik Lanjutkan.
  12. Masukkan data dan foto profil anda, tapi tidak diisipun  tidak apa2. Lalu klik Selesai.
  13. Pada tahap selanjutnya klik Lanjutkan ke blogger.
  14. Setelah itu anda akan langsung ke halaman dashboard blog anda.. tapi blog belum dibuat.untuk memulai membuat blog, silahkan anda klik Blog Baru yang ditunjukan di nomor pada gambar diatas, pada nomor 2 akan tampil blog yang sudah anda buat. pada nomor adalah tempat mengatur blog anda. salah satunya adalah untuk mengubah tampilan dashboard ke tampilan lama. Ok selanjutnya setelah anda klik Blog Baru akan muncul form baru seperti dibawah ini. Terlihat pada gambar diatas ada beberapa nomor, sengaja supaya mudah untuk dijelaskan. Pada no Masukkan nama untuk blog anda, untuk ini terserah mau di isi apa, nama pribadi pun bisa. Untuk nomor ini adalah untuk alamat blog anda, seperti contoh diatas adalah blogger-naz.blogspot.com. pada pengisian nomor dua tunggu hingga ada tanda checklist berwarna biru seperti diatas. Untuk nomor 3 adalah pilihan desain halaman blog anda, silahkan pilih sesuai selera. selanjutnya klik Buat blog.
  15. Setelah selesai maka blog anda sudah dibuat. 
  16. Untuk mulai menulis silahkan klik tombol bergambar pensil.pada contoh diatas judul postingan saya adalah "Post Pertama Ku".. dengan isi postingan " Hallo sekarang saya punya blog gratisan. Ini adalah postingan pertama ku" dan dengan kategori "Coretanku".. anda bebas mau mengisinya dengan apa saja. Jangan lupa setelah selesai,, klik Publikasikan untuk menampilkan postingannya.
  17. Setelah itu coba lihat hasilnya dengan klik Lihat blog.Coba kita lihat postingan dari contoh yang saya buat tadi.

0 comments:

Post a Comment

handapeunpost